Selasa, 15 November 2016

Cara akses internet dan Localhost

Tata Cara Akses Internet Dan Localhost

Internet = jaringan global yang dapat diakses oleh seluruh komputer yang ada di dunia dengan kelas IP yang berbeda - beda.
Localhost = server jaringan lokal yang dapat diakses oleh komputer pada jaringan lokal tertentu dengan kelas IP yang sama.

Untuk mengakses internet dan localhost dilakukan dengan menggunakan bahasa protokol yang sama, yaitu Hyper Text Transfer Ptotocol (HTTP). Web host Internet disimpan pada komputer yang dapat diakses oleh seluruh komputer yang terhubung jaringan Internet.
Pada web host internet, kita dapat meletakan informasi, data atau file sehingga dapat diakses oleh siapa saja dengan cara tertentu. Sebelum menyimpan informasi pada web host internet, kita diharuskan memiliki nama domain, yaitu Top Level Domain (TLD). Untuk pelayanan TLD ini dikelola oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) di http://www.pandi.or.id . Sedangkan pada Localhost, kita dapat membuat domain virtual sendiri dengan alamat IP default 127.0.0.1 dan domain default localhost.

Untuk melakukan koneksi atau akses internet, diperlukan persyaratan teknis komputer minimum:
̵            Proses minimum 486 DX
̵            RAM minimum 8MB
̵            Kartu VGA 8MB
̵            Monitor VGA
̵            Harddisk 200 MB

Selain spesifikasi komputer, anda juga harus menentukan perangkat lunak sistem operasi yang digunakan, diantaranya:
̵            Sistem operasi yang digunakan harus sesuai dengan perangkat yang digunakan. Untuk komputer prosessor 486 & pentium.
̵            Protokol TCP/IP yang merupakan protokol standar untuk komunikasi data. Pada sistem operasi Window & Linux, Protokol tersebut sudah disediakan.
̵            Perangkat lunak Web Browser (Google Chroome , Mozilla FireFox , Opera mini, dll).
̵            Anti virus dan firewall  andal dan selalu diperbaharui.

Berikut langkah mengakses Internet dan localhost.
̵            Klik menu Start.
̵            Klik All Program.
̵            Pilih Mozilla Firefox (web browser yang ingin digunakan).
̵            Ketik alamat localhost, yaitu http://localhost .Atau ketik IP Address localhost yaitu http://127.0.0.1 .                               





Membuat Server Localhost dengan XAMPP
Cara menginstal software Apache:
̵            Download file installer XAMPP di http://www.apachefriends.org/en/xampp-windows.html .
̵            Setelah download berhasil, lakukan instalasi dengan cara klik ganda file installer xampp-win32.
̵            Selanjutnya akan ditampilkan kotak dialog Installer Language.








̵            Pilih bahasa yang digunakan.
̵            Klik OK, dan akan ditampilkan dialog Setup Wizard. 
 











̵            Klik tombol Next maka akan ditampilkan kotak dialog Choose Install Location.
                                                                                                     











̵            Klik Browse pada kotak Destination Folder untuk menentukan tempat file xampp server akan disimpan.
̵            Klik Next, maka akan ditampilkan kotak dialog XAMPP Options.













̵            Klik kotak cek CreateAN Apache Friends XMAPP folder ini the start menu, Install Apache as service dan instal MySQL as service.
̵            Klik tombol install kemudian tunggu proses instalansi yang sedang berlangsung.











̵            Setelah proses instalansi selesai maka akan ditampilkan kotak dialog Completing Setup.











̵            Klik tombol Finish, maka akan ditampilkan kotak konfirmasi Congratulations.















̵            Klik tombol Yes untuk menjalankan XAMPP Control Panel, makam akan ditampilkan XAMPP Control Panel Application.

Jika ingin menghentikan service yang berjalan dapat dilakukan dengan menekan tombol Stop. Jika ingin keluar klik tombol Exit, namun itu tidak menutup service yang sedang berjalan. Untuk membuka kembali XAMPP Control Panel Application dapat dilakukan dengan cara :
̵            Klik menu Start.
̵            Klik All Programs.
̵            Klik Apache Friends.
̵            Klik XAMPP.
̵            Klik XAMPP Control Panel.

Setelah XAMPP terinstal dan service dari apache dan MySql berjalan, kita dapat mengetahui apakah server telah berfungsi dengan cara mengetik URL http://localhost . Selanjutnya kita bisa memilih bahasa yang akan digunakan dalam server localhost. Kemudian akan ditampilkan halaman localhost.
File dokumen untuk aplikasi berbasis web akan disimpan di folder htdocs. Berikut adalah langkah untuk membuka folder tersebut:
̵            Klik menu Start.
̵            Klik All Programs.
̵            Klik Apache Friends.
̵            Klik XAMPP.
̵            Klik XAMPP htdocs folder, maka akan ditampilkan folder htdocs.

Kita dapat menyimpan file HTML, PHP, XML dalam XAMPP melalui folderhtdocs sehingga dapat diakses oleh komputer lain melalui jaringan lokal (LAN). Setelah selesai membuat script, simpan dengan langkah berikut:
̵            Klik menu File.
̵            Klik Save, kemudianakan ditampilkan kotak dialog Save As.
̵            Buka folder htdocs.
̵            Ketik nama file: firstime.php.
̵            Ubah Save as type menjadi All Files.
̵            Klik Save.

Selanjutnyaa, aktifkan web browser, kemudian ketik URL http://localhost/firstime.php .
Internet Service Provider (ISP)
           
            Untuk dapat mengakses internet, selain perangkat keras modem dan line telepon atau modem kabel, diperlukan jasa dari perusahaan yang memberikan layanan untuk mengakses internet, yang disebut dengan Internet Service Provider (ISP). ISP berperan memberikan layanan akses internet, baik untuk personal maupun corporate (perusahaan), komputer pribadi maupun dalam bentuk jaringan.
            Penggunaan modem dial up untuk akses internet dapat menggunakan jasa akses internet dari ISP Telkomnet, tanpa harus mendaftar terlebih dahulu (instan). Biaya akses Telkomnet instan dihitung dihitung dengan sistem time based. Sedangkan, perusahaan ISP lainnya mengharuskan untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu (registrasi), kemudian ISP tersebut akan memberikan User ID dan Password kepada pelanggannya. User ID disebut juga dengan akun pelanggan, yang merupakan identifikasi yang didaftarkan ke penyelenggara penyedia jasa akses internet. User ID ini digunakan untuk melakukan login akses internet dan diikuti dengan memasukan Password (kode sandi).

Berdasarkan sifatnya, ISP dibagi menjadi dua:

1.      ISP tertutup
= ISP yang memberikan layanan akses internet hanya pada jaringan local dalam lembaga yang bersangkutan.
Misalnya, ISP pada Universitas Brawijaya dan Universitas Indonesia.

2.      ISP terbuka
= ISP yang memberikan layanan akses internet untuk masyarakat luas.
Misalnya, ISP Telkom, CBN, dan Indosatnet yang memberikan layanan akses internet bagi instansi pemerintah, swasta, dan personal. Internet yang anda Anda gunakan di rumah dan sekolah menggunakan ISP yang bersifat terbuka. Di Indonesia, tidak semua ISP berhubungan langsung dengan jaringan internet luar negeri. Hanya ISP yang besar saja yang mampu membangun jaringan internet langsung dengal luar negeri.

A.    Biaya Internet

1.      Volume based
Ini adalah perhitungan biaya akses internet yang bergantung pada jumlah data yang diambil dari internet. Biasanya, volume based digunakan pada akses internet melalui operator seluler berbasis GSM dengan teknologi GPRS dan telepon seluler WCDMA dengan teknologi 3G. Perhitungan biaya dilakukan berdasarkan kelipatan kilobyte data yang dialirkan. Koneksi internet dengan perhitungan biaya berbasis volume sebaiknya digunakan untuk mengambil data yang hanya berbentuk teks.

2.      Time based
Perhitungan biaya akses internet jenis ini bergantung pada waktu yang digunakan dalam mengakses internet. Umumnya, layanan ini digunakan pada line telepon rumah atau perkantoran. Perhitungan jenis time based lebih baik digunakan untuk mengambil gambar, lagu, dan film dalam ukuran besar dari internet.

3.      Flat rate atau unlimited
Perhitungan biaya akses internet jenis ini tidak bergantung pada jumlah data yang diambil atau waktu akses internet. Perhitungan berbasis flat rate mengenakan biaya yang tetap setiap bulan pada pengguna, tanpa dibatasi jumlah data yang diambil atau dikirim serta waktu yang digunakan. Layanan ini dapat menggunakan saluran atau line telepon, TV kabel, dan GPRS. Telkom Speedy dengan modem ADSL mengenakan biaya akses internet flat rate atau unlimited sebesar Rp645.000,00 perbulan dengan bandwith 1Mbps. FastNet Family melalui TV kabel mengenakan biaya sebesar Rp195.000,00 per bulan untuk bandwith hingga 1 Mbps. Pembiayaan dengan sistem flat rate umumnya digunakan untuk koneksi internet yang terus menerus, seperti di laboratorium computer sekolah dan perkantoran, yang memiliki ketergantungan terhadap teknologi internat.

B.     Layanan ISP

1.      Dial Up
= layanan akses internet dengan menggunakan modem dial up yang dihubungkan pada line telepon.
Penggunaan akses dial up ini dibagi menjadi empat:
1)      Personal dial up, penggunaan yang ditujukan untuk perorangan yang membutuhkan akses internet seperlunya.
Dalam layanan dial up, beberapa ISP mengenakan biaya abonemen, seperti Indosat dan CBN.
2)      Corporate dial up, ditujukan untuk keperluan perusahaan atau perkantoran yang penggnaan internetnya cukup tinggi.
3)      Night Server Access, ditujukan untuk akses intenet pada tengah malam hingga pagi hari.
4)      LAN dial up ISDN, penggunaan akses internet dengan kecepatan tinggi (broadband) melalui jaringan telepon digital.

2.      Mobile Access
Layanan akses internet jenis ini melalui telepon seluler. Layanan ini memberikan kemudahan dalam mengakses internet dimanapun kita berada dalam area coverage operator telepon seluler. Saat ini, layanan ini mendukung untuk perangkat telepon seluler GSM dengan teknologi GPRS dan telepon seluler CDMA dengan teknologi 3G. Selain itu, akses internet dapat dilakukan melalui notebook atau laptop yang dihubungkan dengan telepon seluler menggunakan kabel data, Bluetooth, infrared serta dari PDA (Personal Digital Assistant).

3.      Hotspot
Layanan akses internet pada lokasi - lokasi tertentu yang menggunakan teknologi WiFi sebagai koneksinya dan sudah terdapat pada laptop atau notebook. Pada berbagai merk notebook, untuk mengaktifkan fungsi ini memiliki cara berbeda - beda, biasanya menggunakan tombol atau switch tertentu dan kombinasi keyboard dengan function key.

4.      Wireless
Layanan akses internet tanpa kabel. Pada teknologi wireless, Anda tidak dikenakan biaya telepon, tetapi hanya dikenakan biaya pemakaian internet. Contoh: Wi-Max.

5.      Dedicated Connection
Layanan akses internet selama 24 jam setiap hari dan dalam 7 hari. Layanan ini digunakan untuk akses melalui kabel serat optik, jaringan televise kabel, wireless satelit, dan telepon rumah. Untuk berlangganan, anda harus menghubungi ISP dan penyedia akses jaringan TV kabel atau satelit. Saat ini, beberapa ISP juga merangkap sebagai penyedia jaringan.
                                                
Pengaturan Modem dan Koneksi Internet

A.    Pengaturan Modem

Sebelum melakukan koneksi ke ISP, untuk dapat mengakses internet, perangkat lunak modem untuk akses internet harus telah diinstal pada komputer.
Setelah anda menginstal salah satu modem tersebut, lakukan langkah - langkah untuk melakukan pengaturan modem dan koneksi internet:
ú  Klik menu Start.
ú  Klik Control Panel, maka akan tampil jendela Control Panel.
















ú  Klik link Network dan Internet, maka akan ditampilkan jendela Network and Internet.











ú  Klik link View network status and task.














ú  Klik link Set up a new connection or network, maka akan ditampilkan kotak dialog Set Up a Connection or Network.











ú  Klik Set up a dial-up connection.
ú  Klik Next, maka akan ditampilkan kotak dialog Create a Dial-up Connection.



 






ú  Pilih Jenis modem yang telah diinstal dikomputer anda, misalnya pada contoh ini













ú  Isi Dial up phone number, username, dan Password sesuai ISP yang anda gunakan.
ú  Klik tombol Connect. Jika koneksi berhasil maka akan ditampilkan kotak dialog.









ú  Klik tombol Close. Selanjutnya, anda bisa melakukan browsing dan chatting untuk mencari informasi dan berkomunikasi.

Untuk memutuskan koneksi internet, dapat dilakukan dengan cara berikut:
ú  Klik Ikon Connection pada sudut kanan bawah taskbar.















ú  Klik nama koneksi internet.
ú  Klik tombol Disconnect.
B.     Koneksi ke Internet
Setelah pengaturan modem berhasil dilakukan, langkah - langkah untuk menghubungkan komputer ke internet:
ú  Klik ikon Connection di sudut kanan bawah taksbar.















ú  Klik jenis koneksi yang terdaftar.
ú  Klik Connect, maka akan ditampilkan kotak dialog Connect to ISP.











ú  Isi Username dan Password sesuai dengan ISP yang digunakan.
ú  Klik tombol Dial, tunggu proses koneksi yang sedang berlangsung.





ú  Akan ditampilkan pesan “Internet Access” jika koneksi internet dial berhasil.



     Koneksi Internet Melalui Telepon Seluler
A.    GSM
1.      Mengaktifkan GPRS dan 3G

̵            Indosat dengan produk Matrix dan Mentari. Dengan ©mengirimkan SMS ke nomor 3000 dengan format: GPRS <spasi> merk ponsel <spasi> tipe ponsel. Atau dengan menghubungi 021-54388888 atau 222.
Untuk mengaktifkan layanan 3G dilakukan dengan mendaftar via SMS dengan mengetik: 3G <spasi> merk ponsel <spasi> tipe ponsel dan kirim ke nomor 3000.

̵            Telkomsel dengan produk Simpati dan Kartu As. Dengan mengirimkan SMS ke nomor 5432 dengan format pesan: internet atau ALL.
Untuk mengaktifkan layanan 3G dilakukan dengan mendaftar via SMS dengan mengetik: Syntax: 3G dan kirim ke nomor 3636.

̵            XLAxiata dengan produk XL. Dengan SMS ke nomor 9667 dengan format: GPRS <spasi> merk ponsel <spasi> tipe ponsel.

2.      Pengaturan GPRS

IM3, Matrix, dan Mentari
Homepage URL    : http://indosat.com
Proxy                     : 10.19.19.19
Port                       : 8080
Bearer                    : GPRS
Username              : indosat
Password               : indosat
APN                      : indosatgprs.com

Simpati dan Kartu As
Connection Name             : TSEL-DATA
Data Bearer                       : Packet Data
Access Point Name           : telkomsel
Username                          : wap
Prompt Password              : No
Password                           : wap 123
Homepage                         : http://wap.telkomsel.com
Proxy server Address        : 10.1.89.130
Port                                   : 8000 (proxy)

XL
Connection Name             : XL Broadband
Data Bearer                       : GPRS
Access Point Name           : xlunlimited
Username                          : kosong
Prompt Password              : No
Password                           : kosong
Connection Security         : off
Proxy server Address        : 202.152.240.50
Port                                   : 8080 (proxy)

B.   CDMA

1.      Mengaktifkan Layanan PDN Telkom Flexi
Packet Data Network (PDN) adalah akses dengan kecepatan standar CDMA antara 30 sampai 153.6 kbps.
Langkah untuk mengaktifkan layanan Telkomnet@Flexi:
̵            No. Dial          : #777
̵            Username        : telkomnet@flexi
̵            Password         : telkom

2.      Pengaturan Command
Setelah melakukan pengaturan dial-up, selanjutnya hubungkan kabel data dari telepon CDMA ke port communication atau USB komputer.
Langkah pengaturan Command:
̵            Klik Menu Start.
̵            Klik Control Panel.
̵            Klik link System and Security.
̵            Klik Device Manager pada kategori System.
̵            Pilih Modem yang digunakan.
̵            Klik kanan, lalu pilih Properties.
̵            Klik tab Advaced, maka akan ditampilkan kotak dialog Modem Properties.
̵            Pada kotak Extra initialization commands, ketik at+crm=1, yang merupakan packet mode untuk menggunakan layanan internet melalui PDN.
̵            Klik tombol OK.




Kesimpulan

Jadi, Internet adalah jaringan global yang dapat diakses oleh seluruh komputer yang ada di dunia dengan kelas IP yang berbeda - beda. Sedangkan localhost adalah server jaringan lokal yang dapat diakses oleh komputer pada jaringan lokal tertentu dengan kelas IP yang sama.

Untuk mengakses internet dan localhost dilakukan dengan menggunakan bahasa protokol yang sama, yaitu Hyper Text Transfer Ptotocol (HTTP). Web host Internet disimpan pada komputer yang dapat diakses oleh seluruh komputer yang terhubung jaringan Internet.
Pada web host internet, kita dapat meletakan informasi, data atau file sehingga dapat diakses oleh siapa saja dengan cara tertentu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar